Ibu Cerdas : Paham Tahapan Perkembangan Anak



Ada sebuah ilustrasi yang menarik tentang bagaimana pentingnya orangtua, guru, atau siapapun yang berkiprah dalam dunia pendidikan formal maupun informal memahami tahapan perkembangan anak.

Suatu ketika, seorang anak yang sedang berada dalam tahap fantasi menginginkan roti manis yang tidak dimiliki oleh ibunya. Respon ibu yang tidak memahami tahapan perkembangan anaknya tersebut akan menanggapi anak secara nalar dan terjadilah dialog sebagai berikut :

Anak : “Bu, aku mau roti manis yang waktu itu”
Ibu : “Ngga ada, Nak”
Anak : “Ibu, mau roti manis..roti manis..” sambil menjerit-jerit
Ibu : “Udah Ibu bilang ngga ada! Kamu makan roti kering yang ini aja!”
Anak : “Ngga mau. Aku maunya roti yang itu” si anak mulai menangis meraung-raung dan berguling-guling di lantai
Ibu : “Udah bangun, kamu nih kayak anak bayi aja.”

Lain halnya dengan Ibu yang memahami anaknya sedang berada di tahap fantasi. Si Ibu memberi respon sesuai dengan tahapan perkembangan si anak tersebut. Beginilah percakapannya :

Anak : “Bu, aku mau roti manis yang waktu itu”
Ibu : (sambil mendekati anak itu dan mengelus-elus kepalanya) “Pinginnya sih ya, tapi ngga ada.. Adanya roti kering nak”
Anak : “Tapi aku mau yang itu, Bu”
Ibu : “Ya ya, Ibu tahu kamu mau yang manis.”
Anak : "Tapi aku maunya sekarang"
Ibu : (duduk bersama anak itu dan mengikuti fantasi si anak) "Hei Doraemon, kami ingin roti manis yang itu, tolong keluarkan roti manis satu kotak dari kantung ajaibmu”
Anak : “Bu… kalau roti kering, ada ngga? …aku mau yang itu aja deh”
Ibu : “Oh”

Ibu yang tidak memahami tahapan perkembangan anaknya, dihadapkan pada anak yang menangis, meraung-raung, dan berguling-guling di lantai. Sedangkan ibu yang memahami dan mampu mengimplementasikan tahap-tahap perkembangan anak dapat mampu memenuhi harapan fantasi anaknya tanpa muncul persoalan baru.

Referensi : “Psikologi Perkembangan Anak & Remaja” Dr.H. Syamsu Yusuf LN., M.Pd

-terinspirasi dari topik skripsi yang sedang saya susun “Hubungan Pengetahuan Ibu mengenai Perkembangan Balita dengan Tingkat Perkembangan Balitanya”- doakan lancar ya^^

read more...

ماهر زين - إن شاء الله



(Maher Zain - InsyaAllah, new edition)
read more...