kecenderungan remaja

sahabat2ku, yuk mari kita list sama2, apa sih kecenderungan para remaja?

Laki-laki : main game, ngeband, pacaran, cabut sekolah, rokok, dst

Perempuan : merhatiin style yg lagi in+coba2, concern banget sama persahabatannya, pacaran, hang out bareng temen2, ngikutin pekembangan musik (ridho rhoma? piss^^v), film, dst

Lalu, apa kesamaan diantara mereka? Yup, mereka mulai memikirkan lawan jenisnya..

Fitrah itu memang wajar dimiliki oleh remaja seusianya, karena dalam ilmu psikiatri (ehem..ehem.. kuliah neurobehavior mode:ON) perasaan itu memang muncul di usia remajanya.
Pada usia ini, kebanyakan anak mulai mengeksplorasi dirinya. Seiring dengan perubahan bentuk tubuhnya, terjadi proses pematangan dalam pemikirannya. Namun, perlu diingat, bukan matang, tapi proses pematangan. Dimana, yang namanya proses selalu membutuhkan arahan. Arahan itu bisa datang dari mana saja, baik dari lingkungan sekitarnya, keluarganya, orang2 yang dikaguminya, dan masih banyak lagi.

Namun, yang seringkali terlupakan adalah, justru di usia ini kedekatan seorang anak dengan orang tuanya lebih dibutuhkan. Walaupun pada kenyataannya, secara psikologis anak mulai menolak intervensi dari orang tuanya (ngerasa udah gede gitu lho..).
Disinilah seninya, bagaimana orang tua mulai lebih menempatkan dirinya sebagai “teman”.

Contohnya, ibu yang cerdas akan meluangkan waktunya untuk sekedar shopping bareng anak perempuannya, atau ayah yang cerdik akan menyempatkan dirinya untuk bermain futsal bersama anak laki-lakinya. Berawal dari hobi yang mereka sukai hingga akhirnya menimbulkan keakraban layaknya seorang sahabat.




Seperti yang sudah diseb
utkan sebelumnya, proses pematangan itu membutuhan arahan. Yang kita harapkan adalah, arahan itu mereka dapatkan dari teladan yang semestinya. Baik itu orang tuanya, kakaknya, atau orang-orang terpercaya lainnya. Disanalah pintu kepercayaan terbuka, untuk terus merangkul mereka dengan iman, islam, dan ihsan.

Alhamdulillah, Allah mengaruniakan aku adik2 yang berusia remaja. Lengkap, laki-laki dan perempuan. Dari mereka aku belajar tentang banyak hal. Aku mempelajari, setidaknya, bagaimana seorang remaja ingin diperlakukan, apa yang mereka pikirkan, masalah apa yang sering dihadapi.

Yuk, kita belajar memahami, sebagaimana kita ingin dipahami^^ hingga suatu hari nanti, kita akan bertemu lagi sahabatku, sebagai seorang ibu yang dirindu surga.. karena Allah bangga dengan kita yang berhasil mencetak generasi2 muslim terbaik (amin3x).

“Dan hedaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka..” (An-nisaa’:9)

4 comments:

  Anonymous

19:55

Sofaaa, lanjutin postingannya ^o^/

  Tazkia Fatimah

09:36

teteeehh
blognya lucu tampilannyaaaa
hehehe sukaaaa ^^

  sofa.rahmannia

12:07

@ teh ghea : siapp tetehQu =)
@ tazki : taz, blogmu ku link ya^^

  AZNIAL RAHMAT

09:53

Permanent Doctor Diperlukan (Urgent!)

Greetings !

Kami mempunyai sebuah klinik di Pusat Komersil Bandar Sungai Long Kajang & dalam proses untuk membuka sebuah lagi cawangan klinik di Ampang. Kami sedang mencari Potential Doctors yang berminat untuk menyertai kami. Details seperti berikut : 

Vacancy - 1 Permanent Doctor (Denai Alam) - offering RM7000/month 

Requirement 
- preferably doctor wanita yang peramah kerana kami ramai patient wanita & kanak-kanak 
- doctor with valid APC 
- flexible (boleh adapt dengan perubahan jadual klinik) 
- high tolerance level 
- High discipline level 

Yang berminat boleh menghubungi Ir. Aznial Rahmat di no 012-3129264 atau email CV ke aznial@gmail.com

Terima kasih.

Daisypath Anniversary tickers